Krusor Mouse

Blinking Cute Box Cat

Kamis, 21 Mei 2015

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB



makalah mata kuliah ilmu budaya dasar (softskill)
“manusia & Tanggung Jawab (MATERI 9)”




Disusun Oleh :

Nama              :       Dian Kusumawati
NPM               :       12114985
Kelas              :       1KA38
Mata Kuliah  :       Ilmu Budaya Dasar
Dosen              :       Bapak Sendy Eka Nanda



SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
ATA 2014 / 2015






Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT. Berkat limpahan karunia-Nya kami selaku penyusun makalah dapat menyelesaikan tugas Makalah Ilmu Budaya Dasar tentang Manusia dan Tanggung Jawab.
Makalah ini dibuat untuk mengetahui lebih dalam mengenai Manusia dan Tanggung Jawab, serta dalam rangka pemenuhan nilai mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.
Kami berharap semoga makalah ini dapat memberi wawasan kepada khalayak umum dan untuk intropeksi bagi kami selaku penyusun. Semoga makalah ini dapat menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca.
Akhir kata, kami menyadari bahwa makalah ini masih memiliki kekurangan dan jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya makalah ini. Karena kebenaran hanya datang dari Allah SWT.



Bekasi, 11 Mei 2015


                      Penyusun











Daftar Isi



Kata Pengantar ...................................................................... i
Daftar Isi ............................................................................... ii
BAB 1 Pendahuluan .............................................................. 1
1.1  Latar Belakang ...................................................... 1
1.2  Rumusan Masalah ..................................................1
1.3  Tujuan .....................................................................1
BAB 2 Pembahasan ............................................................... 2
          2.1 Manusia dan Tanggung Jawab ...............................2
A. Pengertian Tanggung Jawab ......................... 2
B. macam-macam Tanggung Jawab .................. 2
C. Pengabdian dan Pengorbanan ........................ 3
BAB 3 Kesimpulan ................................................................. 4
3.1 Kesimpulan .............................................................. 4
Soal & Jawaban ............................................................. 4
Daftar Pustaka ............................................................... 5












BAB 1
PENDAHULUAN


1.1           Latar Belakang
Kita semua adalah manusia biasa yang kadang kala lalai pada tanggung jawab. Kami tidak menginginkan kelalaian itu terus terjadi, itulah yang mendorong kami membuat makalah ini, sebab hubungan manusia dan tanggung jawab sangatlah erat. Kami berharap pembaca dapat menggunakan penderitaan sebagai pengaruh positif dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial.


1.2           Rumusan Masalah
1.      Pengertian tanggung jawab?
2.      Macam-macam tanggung jawab?
3.      Pengabdian dan pengorbanan?


1.3           Tujuan
Kami membuat makalah ini agar pembaca dapat memahami dan menghayati kenyataan-kenyataan yang ada dalam kehidupan manusia dengan berbagai macam tanggung jawab, pengaruh serta sebab yang ada.














BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Manusia dan Tanggung Jawab

   
    A.   Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung  jawab  menurut  kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung,memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya  yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tangung  jawab juga  berarti berbuat  sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
Seorang mahasiswa mempunyai kewajiban belajar. Bila belajar, maka hal itu berarti ia telah memenuhi kewajibannya. Berarti pula ia telah bertanggung jawab atas kewajibannya. Sudah tentu bagaimana kegiatan belajar si mahasiswa, itulah kadar pertanggungjawabannya. Bila pada ujian ia mendapat nilai A, B atau C itulah kadar pertanggung-jawabannya.
Bila si mahasiswa malas belajar, dan ia sadar akan hal itu. Tetapi ia tetap tidak mau Belajar dengan alasan capek, segan dan lain-lain. Padahal ia menghadapi ujian.Ini berarti bahwa si mahasiswa tidak memenuhi kewajibannya, berarti pula ia tidak bertanggung jawab.
Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab   karena  ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa  pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya.Untuk memperoleh atau meningkatkan  kesadaran  bertanggung  jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan,penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.


   B.   Macam-macam Tanggung Jawab
1)      Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.
Contoh : Manusia mencari makan, tidak lain adalah karena tanggung jawab terhadap dirinya sendiri agar dapat melangsungan hidupnya.
2)      Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil, tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan.
Contoh : Seorang ayah rela bekerja membanting tulang demi memenuhi tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.
3)      Tanggung jawab terhadap masyarakat
Pada hakikatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Karena kedudukkannya sebagai makhluk sosial, sehingga membutuhkan manusia lain, maka ia harus berkomunikasi terhadap manusia lain tersebut. Sehingga dengan demikian manusia ini adalah anggota masyarakat yang  tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat lain. Wajarlah apabila tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.
4)      Tanggung jawab terhadap bangsa / negara
Suatu kenyataan lagi, bahwa setiap manusia, setiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berfikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang telah dibuat oleh suatu negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.
Contoh : Seseorang korup, kalau perbuatan tersebut diketahui ia harus berurusan dengan pihak kepolisian dan pengadilan.
5)      Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupan, manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama.
Contoh: Seorang muslim menjalankan ibadah sholat karena merupakan tanggung jawabnya, jika dia mengerjakan maka ia akan mendapatkan hukuman berupa dosa.


   C.   Pengabdian dan Pengorbanan
Wujud tanggung jawab berupa pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri.
1.      Pengabdian
Pengabdian adalah perbuatan baik berupa pikiran, pendapat sebagai perwujudan kesetiaan atau suatu kesetiaan yang dilakukan dengan ikhlas.
2.      Pengorbanan
Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung unsur keikhlasan tidak mengandung pamrih.










BAB III
KESIMPULAN


3.1           Kesimpulan
Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang berani mengambil resiko atas tindakan atau perkataan yang telah dibuatnya. Orang yang bertanggung jawab akan terbiasa untuk jujur. Budayakanlah tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berkeluarga ataupun kehidupan lainnya.










SOAL & JAWABAN

     1.      Tanggung jawab sama artinya dengan?
a.       Berkewajiban menanggung
b.      Menanggung segalanya
c.       Menanggung akibatnya
d.      Semua salah

Jawab : D

     2.      Macam-macam tanggung jawab adalah, kecuali?
a.       Tanggung jawab terhadap diri sendiri
b.      Tanggung jawab terhadap keluarga
c.       Semua salah
d.      Tanggung jawab terhadap masyarakat

Jawab : C

     3.      Perbuatan baik berupa pikiran, pendapat sebagai perwujudan kesetiaan atau suatu kesetiaan yang dilakukan dengan ikhlas adalah pengertian dari?
a.       Pengabdian                       c. Tanggung jawab
b.      Pengorbanan                     d. Setia

Jawab : A

     4.      Pemberian untuk menyatakan kebaktian adalah pengertian dari?
a.       Pengabdian                       c. Tanggung jawab
b.      Pengorbanan                     d. Setia

Jawab : B

     5.      Contoh tanggung jawab terhadap tuhan adalah?
a.       Melaksanakan sholat  5 waktu
b.      Bermain-main
c.       Bersenang-senang
d.      Bersedih-sedih

Jawab : A


















DAFTAR PUSTAKA





http://sahat1ka43.blogspot.com/2012/07/manusia-dan-tanggung-jawab.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar