Krusor Mouse

Blinking Cute Box Cat

Senin, 18 Januari 2016

MEMBANGUN GENERASI 4G YANG KREATIF DAN BERMANFAAT











Setelah saya mengikuti Talkshow NGOBRAL (Ngobrol Bareng Selular) di kampus saya Universitas Gunadarma, saya mendapatkan informasi tentang apa sih itu Media Sosial? Apa aja sih manfaat dari Media Sosial? Apa itu 2G? Apa itu 3G? Apa itu 4G? Perbedaan antara 2G, 3G, dan 4G? Pasti tau kalian tau dong!!!
Bagi yang belum tahu, disini saya akan menjelaskan lebih terperincinya.


Media Sosial :
Media Sosial atau sering disebut MEDSOS adalah media online dengan para penggunannya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring social, wiki, forum dan dunia sosial.


Manfaat Media Sosial :
    1.     Media sosial untuk bersosialisasi
    2.    Media sosial berfungsi menggantikan buku diary
    3.    Media sosial dapat mempertemukan teman lama
    4.    Media sosial dapat menemukan teman baru
    5.    Sebagai media penghibur
    6.    Penyaluran hobi
    7.    Memberikan berbagai informasi ter-update
    8.    Media sosial untuk memberi bantuan
    9.    Media sosial untuk menambah pengetahuan
    10. Media untuk mencari uang


2G (Two Generation Technology) :
2G merupakan jaringan telekomunikasi selular yang diluncurkan secara komersial pada jaringan GSM standard yang menggunakan sistem digital. 2G hanya dapat melayani komunikasi suara dan komunikasi teks.


3G (Third Generation Technology) :
3G merupakan jaringan telekomunikasi selular yang diluncurkan pada jaringan GSM dan CDMA.  Kelebihannya dengan 2G sebelumnya, 3G dapat mengakses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kb setiap detik. Selain itu 3G mampu memberikan fasilitas beragam pada pengguna seperti menonton video langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain dengan video.


4G (Fourth Generation Tachnology) :
4G merupakan pengembangan dari teknologi 2G dan 3G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telepon pintar dan laptop menggunakan modem USB.

Setelah dijelaskan diatas tadi bahwa semuanya itu adalah bagian dari perkembangan teknologi jaman modern(saat ini). Membangun generasi 4g yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia sangat tidak mudah dan diperlukan keahlian khusus yaitu mencerdaskan bangsa-bangsanya.

Indonesia dengan penduduk sekitar 241.452.952 menuntut Indonesia harus lebih maju dibandingkan dengan Negara lainnya. Pemuda Indonesia jika dibekali dengan keterampilan dan pelatihan maka tidak ada kata tidak mungkin Indonesia mampu bersaing didunia Internasional, maka dari itu pembentukan karakter lah yang menjadi awal pondasi dari jati diri yang berkualitas. Pemuda sejatinya memiliki peran dan fungsi dalam pembangunan dan dalam proses kehidupan berbangsa dan bernegara, baik buruk suatu Negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi pemuda adalah penerus dan pewaris bangsa dan Negara. Generasi muda harus mempunyai karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya, memiliki kepribadian yang tinggi, semangat nasionalisme, berjiwa saing, mampu memahami pengetahuan dan teknologi untuk bersaing secara global.

Tidak banyak generasi muda yang peka terhadap kondisi social masyarakat saat ini, dalam urusan akademik pun mahasiswa banyak yang tidak menyadari bahwa mereka insan akademis yang dapat memberikan pengaruh besar dalam perubahan menuju kemajuan bangsa. Jika dilihat generasi muda Indonesia banyak yang sukses berkat kekreatifan mereka ditambah dengan kemauan, kerja keras, dan minat mereka.

Sudah semestinya kita sebagai generasi muda harus bersatu dan menjadi generasi yang bermanfaat diusia muda dengan cara positif agar dapat menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara yang bersig sehat, maju kuat dan cerdas ditangan generasi muda yang kreatif dan bermanfaat.

Maka dari itu untuk membangun generasi muda  Indonesia menjadi generasi muda yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat di perlukan 4G yaitu “GOOD GENIUS GAIETY GENEROUS”.


GOOD :
Good berarti baik, dalam arti pemuda harus berperilaku baik, berkomunikasi dengan bahasa yang sopan, mengunakan internet untuk pengetahuan dan hal-hal yang positif. Dengan begitu internet 4G ini akan bermanfaat bagi masyarakat.


GENIUS :
Genius berarti pintar atau cerdas. Dalam hal ini pemuda harus cerdas dalam menjelajah di dunia internet, menggunakan internet untuk mengshare atau berbagi pengetahuan kesesama masyarakat lainnya, tentu tidak menjiplak atau mengcopy karya orang lain.


GENERATE :
Generate itu membangkitkan atau menghasilkan. Dalam arti ini Indonesia harus bangkit dan menghasilkan pemuda pemudi yang pintar, kreatif, berwawasan luas dan dapat menemukan sesuatu hal yang baru.


GALLANT :
Gallant adalah berani. Pemuda yang berani menuangkan ide baru di dunia internet, berani berbicara dengan sopan, berani bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukan dan berani dalam hal kebaikan.

Dengan empat poin diatas mungkin sudah cukup untuk menciptakan generasi 4G yang lebih kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Sudah sepatutnya kita menciptakan generasi penerus yang lebig kreatif karena masa depan Indonesia ada di tangan generasi penerus. Yukkk kita sama-sama mewujudkan generasi penerus yang kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar