SEJARAH
DAN PERKEMBANGAN YAHOO!
Sejarah
(1994-1996)
Pada bulan Januari 1994, Jerry Yang dan David Filo
membuat sebuah situs web yang diberi nama “Jerry’s Guide to the World Wide
Web”. Awalnya, situs Jerry’s Guide to the World Wide Web hanyalah sebuah direktori
daftar bookmark yang dikelompokan berdasarkan subyek. Fungsinya hanyalah
sebagai penunjuk bagi situs-situs lain.
Bulan April 1994, “Jerry’s Guide to the World Wide
Web” diganti namanya menjadi “Yahoo!”. Nama baru ini diambil dari Filo dan Yang
dari novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Mereka memilih kata unik
tersebut karena menyukai makna katanya yang berarti “primitif, kuno, kasar”.
Selain itu Yahoo adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious
Oracle”. Sedangkan alamat URL-nya adalah akebono.stanford.edu/yahoo.
Namun, nama “Yahoo” sebenarnya telah terlebih dahulu
dipatenkan dipatenkan menjadi merek produk saus barbekyu dan perahu karet oleh
perusahaan lain. Inilah sebabnya mengapa Yang dan Filo terpaksa menambahkan
sebuah tanda seru dibelakang kata Yahoo sehingga menjadi “Yahoo!”. Walaupun
demikian, tanda seru itu sering diabaikan saat orang menyebut Yahoo.
Akhir tahun 1994, Yahoo mencatat perkembangan
mencengangkan karena telah di klik ole sekitar satu juta pengunjung. Menyadari
potensi ini Yang dan Filo membadan-hukumkan Yahoo sebagai sebuah perseroan
terbatas pada 1 Maret 1995. Tahun berikutnya, tepatnya tanggal 12 April 1996,
Yahoo mendapatkan dana sebesar 33,8 juta dolar AS yang dihimpun dari hasil
penjualan 2,6 jyta lembar sahamnya seharga USD 1 per lembar.
Perkembangan
(1997-1999)
Tak mau ketinggalan dari para pesaing, Yahoo mulai
mengembangkan sayap hingga menjadi sebuah situs portal. Pada akhir dekade
90-an, sejumlah portal dan direktori situs seperti Yahoo, MSN, Lycos, Excite,
dll berkembang sangat pesat. Mereka berlomba-lomba mengakuisisi layanan-layanan
internet lain yang lebih kecil untuk dimasukan dalam layanannya dengan harapan
agar pengunjung/pengguna lebih betah dan setia di portalnya.
Tercatat pada 8 Maret 1997, Yahoo mengakuisisi
perusahaan layanan komunikasi online yang bernama Fourll. Salah satu produk
Fourll yang terkenal adalah Rocketmail. Yahoo lalu mngubah nama produk ini
menjadi Yahoo! Mail. Selanjutnya, Yahoo membeli ClassicGames.com dan mengubah
menjadi Yahoo! Games. Tahun 1998, Yahoo mengakuisisi GeoCities, kemudian
mengambil alih eGroups yang dirubah namanya menjadi Yahoo! Groups, Tanggal 21
Juli 1999, Yahoo meluncurkan salah satu produk terlarisnya: Yahoo! Messenger.
Yahoo!
Internasional
Sebagai sebuah porlat besar, selain bahasa Inggris,
Yahoo! Juga mengelola layanan situs multi bahasa. Terdapat 42 layanan bahasa
dalam portal Yahoo saat ini, yang diantaranya adalah Argentina, Brazil, Jerman,
Prancis, Jepang, Thailand, India, Indonesia, dll.
Fenomena
Dot-com Bubble (2000-2001)
Dot-com buble adalah sebuah periode masa (1995-2001)
dimana sejumlah perusahaan berbasis internet seperti Yahoo, Google, AOL, dsb
mencapai pincak kejayaannya yang ditandai dengan melambungnya harga saham
perusahaan-perisahaan tersebut di lantai bursa. Pada 3 januari 2000, saham
Yahoo mencapai harga tertingginya pada level USD118, 75 per lembar saham.
Enambelas hari kemudian, saham Yahoo di Jepang mencatat sejarah sebagai saham
pertama di lantai bursa Jepang yang diperdagangkan diatas JY100,000,000, dengan
harga per saham JY 101,4 juta atau sekitar USD 962,140 (kurs waktu itu).
Saking populernya, portal yahoo.com sempat mengalami
hang beberapa jam pada 7 Februari 2000 akibat serangan hack. Namun ajaib pada
keesokan harinnya, harga saham Yahoo malah meningkat naik 4,5 persen.
Saat masa emas ini, Yahoo dan Google sempat mengikat
suatu kerjasama yang dimulai pada 26 Juni 2000 dimana waktu itu Yahoo
mengontrak Google untuk menempatkan mesin pencaharian sebagai mesin pencarian
standar di portal Yahoo.
Periode
Pasca Dot-com Bubble (2002-2006)
Yahoo adalah salah satu sedikit dari perusahaan
besar berbasis internet yang bertahan setelah fenomena dot-com bubble berakhir.
Pada 26 September 2001, saham Yahoo mencapai harga terendah pada titik USD
4,06.
Akhir 2002, untuk mengembangkan teknologi mesin
pencariannya Yahoo menggandeng Inktomi. Bulan Februari 2003, Yahoo membeli
Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo! Widgets. Selanjutnya, Juli
2003 Yahoo mengambil alih saham Overture Services, Inc yang mengelola AltaVista
dan AlltheWeb.
Setelah dirasa cukup, pada tanggal 18 Februari 2004
Yahoo secara resmi memutus kerjasamanya dengan Google dan mengembangkan
teknologi mesin pencarian sendiri.
Google kemudian merilis layanan email gratisannya
sendiri, gmail, yang berkapasitas 1GB pada 1 April 2004. Melihat hal ini, Yahoo
segera merespon dengan meningkatkan kapasitas mailbox email gratisan dari 4MB
menjadi 100Mb dan mailbox email berbayar Yahoo Mail plus dari 1GB menjadi 2GB.
Tak cukup sampai situ, pada 2007 Yahoo mengumumkan kapasitas mailbox-nya
menjadi tak terbatas. Saat Google meliris Goggle Talk (produk yang hampir mirip
dengan Yahoo! Mesengger) pada 2005, Yahoo bekerjasama MSN Mesengger (produk
serupa dari Microsoft).
Yahoo melanjutkan ekspansi dengan mengakuisisi
sejmlah layanan lain dan menggabungkan layanan tersebut bersama layanan
versinya sendiri. Beberapa layanan yang dimaksud adalah Flickr, Blo.gs,
Upcoming.org, Del.icio.us, Webjay, dll.
Produk
dan layanan
Sampai saat ini, Yahoo menyediakan hampir semua
layanan internet populer yang digunakan oleh para pengguna internet mutakhir.
Dalam portalnya sendiri, selain menampilkan berita-berita regional dan dunia
terkini, Yahoo juga menyediakan layanan Yahoo Finance, Maps, Yellow Pages, ds,
serta memberi kemudahan bagi para pengguna dengan menampilkan sejumlah akses
cepat ke beragam layanan lain seperti: Yahoo! Mail, Yahoo Weatcher, Yahoo!
Groups dan Yahoo! Messenger.
Mode
pencarian/Search:
Dalam metode pencarian, Yahoo melengkapinya dengan
sejumlah layanan seperti Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, and Yahoo!
Shopping search.
Komunikasi
Layanan ini merupakan layanan Yahoo yang memiliki
jumlah pengguna terbanyak. Yahoo! Mail sampai saat ini masih merupakan layanan
email terbesar di dunia dimana jumlah peggunanya diperkirakan setengah dari
total jumlah pengguna email. Sedangkan yahoo! Mesengger masihmendominasi jumlah
pengguna dalam hal layanan instant messenger. Yahoo juga menawarkan beberapa layanan
jaringan sosial seperti: My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360, dan Flickr.
Isi/Konten
Yahoo bekerjasama dengan ratusan penyedia kotaen
lainnya menyajikan beragam info yang mencakup: yahoo! Sports, yahoo! Finance,
yahoo! Music, yahoo movies, yahoo news, dan yahoo! Games. Pengguna yahoo juga
diberikan kemudahan untuk mengumpulkan fitur-fitur yahoo favorit pilihannya ke
dalam satu halaman sendiri yang diberi nama my yahoo.
Mobile
yahoo! Mobile mencakup sejumlah layanan seperti:
on-the-go messaging, instant mesangging,mobloging, alters,ringtones, mobile
games, photos,dan bahkan yahoo! Messenger for SMS( di indonesia layanan ini
hanya bisa untuk pemakai kartu halo, simpati, mentari, dan pro XL).
Onesearch
Yahoo memperkenalkan sistem pencariannya sendiri yg
disebut onesearch, yang utamannya diperuntukkan bagi telepon seleluler. Yahoo
mengklain hasil pencariannya berbedadengan hasil pencarian mesin-mesin pencari
lain, dimana dalam hasilnya juga ditampilkan tajuk berita,gambar, daftar
perusahaan,nama kota beserta kode pos, prakiraan cuaca, dan tautan ke situs
lain.
Commerce/Perdagangan
Termasuk dalam layanan ini adalah: yahoo! Shopping,
yahoo autos, yahoo real estate dan yahoo travel yang memudahkan pengguna
mendapatkan informasi dan membuat transaksi atau pembelian secara online.
Small
Business/Usaha Kecil
Para pelaku usaha bisa menggunakan layanan-layanan
seperti: yahoo domains, yahoo web hosting, yahoo merchant solutions, yahoo
business email, dan yahoo store untuk mengembangkan usaha mereka. Selain itu
ada juga layanan hot jobs yang memfasilitasi perusahaan dalam mencari tenaga
kerja.
Advertising/Periklanan
Untuk para pengiklan tersedia layanan yahoo! Search
marketing yang di dlamnya ada program-program seperti sponsored search, local
advertising, dan product/travel/diectory submit. Di layanan ini, para
pengiklanan ditawarkan memasang iklan produknya untuk dipersebarluaskan melalui
jaringan yahoo. Pada 5 februari 2007, yahoo juga telah merintis sistem
periklanan internet terbaru dengan nama panama.
SUMBER:
http://www.beritateknologi.com/mengetahui-sejarah-singkat-berdirinya-yahoo/
http://garuda007.blogspot.co.id/2013/10/sejarah-yahoo-lengkap.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar