Krusor Mouse

Blinking Cute Box Cat

Minggu, 25 Oktober 2015

TUGAS TOU 2 MINGGU [SEJARAH YAHOO!]

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN YAHOO!





Sejarah (1994-1996)
Pada bulan Januari 1994, Jerry Yang dan David Filo membuat sebuah situs web yang diberi nama “Jerry’s Guide to the World Wide Web”. Awalnya, situs Jerry’s Guide to the World Wide Web hanyalah sebuah direktori daftar bookmark yang dikelompokan berdasarkan subyek. Fungsinya hanyalah sebagai penunjuk bagi situs-situs lain.
Bulan April 1994, “Jerry’s Guide to the World Wide Web” diganti namanya menjadi “Yahoo!”. Nama baru ini diambil dari Filo dan Yang dari novel Gulliver’s Travel karya Jonathan Swift. Mereka memilih kata unik tersebut karena menyukai makna katanya yang berarti “primitif, kuno, kasar”. Selain itu Yahoo adalah singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Sedangkan alamat URL-nya adalah akebono.stanford.edu/yahoo.
Namun, nama “Yahoo” sebenarnya telah terlebih dahulu dipatenkan dipatenkan menjadi merek produk saus barbekyu dan perahu karet oleh perusahaan lain. Inilah sebabnya mengapa Yang dan Filo terpaksa menambahkan sebuah tanda seru dibelakang kata Yahoo sehingga menjadi “Yahoo!”. Walaupun demikian, tanda seru itu sering diabaikan saat orang menyebut Yahoo.
Akhir tahun 1994, Yahoo mencatat perkembangan mencengangkan karena telah di klik ole sekitar satu juta pengunjung. Menyadari potensi ini Yang dan Filo membadan-hukumkan Yahoo sebagai sebuah perseroan terbatas pada 1 Maret 1995. Tahun berikutnya, tepatnya tanggal 12 April 1996, Yahoo mendapatkan dana sebesar 33,8 juta dolar AS yang dihimpun dari hasil penjualan 2,6 jyta lembar sahamnya seharga USD 1 per lembar.


Perkembangan (1997-1999)
Tak mau ketinggalan dari para pesaing, Yahoo mulai mengembangkan sayap hingga menjadi sebuah situs portal. Pada akhir dekade 90-an, sejumlah portal dan direktori situs seperti Yahoo, MSN, Lycos, Excite, dll berkembang sangat pesat. Mereka berlomba-lomba mengakuisisi layanan-layanan internet lain yang lebih kecil untuk dimasukan dalam layanannya dengan harapan agar pengunjung/pengguna lebih betah dan setia di portalnya.
Tercatat pada 8 Maret 1997, Yahoo mengakuisisi perusahaan layanan komunikasi online yang bernama Fourll. Salah satu produk Fourll yang terkenal adalah Rocketmail. Yahoo lalu mngubah nama produk ini menjadi Yahoo! Mail. Selanjutnya, Yahoo membeli ClassicGames.com dan mengubah menjadi Yahoo! Games. Tahun 1998, Yahoo mengakuisisi GeoCities, kemudian mengambil alih eGroups yang dirubah namanya menjadi Yahoo! Groups, Tanggal 21 Juli 1999, Yahoo meluncurkan salah satu produk terlarisnya: Yahoo! Messenger.


Yahoo! Internasional
Sebagai sebuah porlat besar, selain bahasa Inggris, Yahoo! Juga mengelola layanan situs multi bahasa. Terdapat 42 layanan bahasa dalam portal Yahoo saat ini, yang diantaranya adalah Argentina, Brazil, Jerman, Prancis, Jepang, Thailand, India, Indonesia, dll.


Fenomena Dot-com Bubble (2000-2001)
Dot-com buble adalah sebuah periode masa (1995-2001) dimana sejumlah perusahaan berbasis internet seperti Yahoo, Google, AOL, dsb mencapai pincak kejayaannya yang ditandai dengan melambungnya harga saham perusahaan-perisahaan tersebut di lantai bursa. Pada 3 januari 2000, saham Yahoo mencapai harga tertingginya pada level USD118, 75 per lembar saham. Enambelas hari kemudian, saham Yahoo di Jepang mencatat sejarah sebagai saham pertama di lantai bursa Jepang yang diperdagangkan diatas JY100,000,000, dengan harga per saham JY 101,4 juta atau sekitar USD 962,140 (kurs waktu itu).
Saking populernya, portal yahoo.com sempat mengalami hang beberapa jam pada 7 Februari 2000 akibat serangan hack. Namun ajaib pada keesokan harinnya, harga saham Yahoo malah meningkat naik 4,5 persen.
Saat masa emas ini, Yahoo dan Google sempat mengikat suatu kerjasama yang dimulai pada 26 Juni 2000 dimana waktu itu Yahoo mengontrak Google untuk menempatkan mesin pencaharian sebagai mesin pencarian standar di portal Yahoo.


Periode Pasca Dot-com Bubble (2002-2006)
Yahoo adalah salah satu sedikit dari perusahaan besar berbasis internet yang bertahan setelah fenomena dot-com bubble berakhir. Pada 26 September 2001, saham Yahoo mencapai harga terendah pada titik USD 4,06.
Akhir 2002, untuk mengembangkan teknologi mesin pencariannya Yahoo menggandeng Inktomi. Bulan Februari 2003, Yahoo membeli Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo! Widgets. Selanjutnya, Juli 2003 Yahoo mengambil alih saham Overture Services, Inc yang mengelola AltaVista dan AlltheWeb.
Setelah dirasa cukup, pada tanggal 18 Februari 2004 Yahoo secara resmi memutus kerjasamanya dengan Google dan mengembangkan teknologi mesin pencarian sendiri.
Google kemudian merilis layanan email gratisannya sendiri, gmail, yang berkapasitas 1GB pada 1 April 2004. Melihat hal ini, Yahoo segera merespon dengan meningkatkan kapasitas mailbox email gratisan dari 4MB menjadi 100Mb dan mailbox email berbayar Yahoo Mail plus dari 1GB menjadi 2GB. Tak cukup sampai situ, pada 2007 Yahoo mengumumkan kapasitas mailbox-nya menjadi tak terbatas. Saat Google meliris Goggle Talk (produk yang hampir mirip dengan Yahoo! Mesengger) pada 2005, Yahoo bekerjasama MSN Mesengger (produk serupa dari Microsoft).
Yahoo melanjutkan ekspansi dengan mengakuisisi sejmlah layanan lain dan menggabungkan layanan tersebut bersama layanan versinya sendiri. Beberapa layanan yang dimaksud adalah Flickr, Blo.gs, Upcoming.org, Del.icio.us, Webjay, dll.


Produk dan layanan
Sampai saat ini, Yahoo menyediakan hampir semua layanan internet populer yang digunakan oleh para pengguna internet mutakhir. Dalam portalnya sendiri, selain menampilkan berita-berita regional dan dunia terkini, Yahoo juga menyediakan layanan Yahoo Finance, Maps, Yellow Pages, ds, serta memberi kemudahan bagi para pengguna dengan menampilkan sejumlah akses cepat ke beragam layanan lain seperti: Yahoo! Mail, Yahoo Weatcher, Yahoo! Groups dan Yahoo! Messenger.


Mode pencarian/Search:
Dalam metode pencarian, Yahoo melengkapinya dengan sejumlah layanan seperti Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, and Yahoo! Shopping search.


Komunikasi
Layanan ini merupakan layanan Yahoo yang memiliki jumlah pengguna terbanyak. Yahoo! Mail sampai saat ini masih merupakan layanan email terbesar di dunia dimana jumlah peggunanya diperkirakan setengah dari total jumlah pengguna email. Sedangkan yahoo! Mesengger masihmendominasi jumlah pengguna dalam hal layanan instant messenger. Yahoo juga menawarkan beberapa layanan jaringan sosial seperti: My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360, dan Flickr.


Isi/Konten
Yahoo bekerjasama dengan ratusan penyedia kotaen lainnya menyajikan beragam info yang mencakup: yahoo! Sports, yahoo! Finance, yahoo! Music, yahoo movies, yahoo news, dan yahoo! Games. Pengguna yahoo juga diberikan kemudahan untuk mengumpulkan fitur-fitur yahoo favorit pilihannya ke dalam satu halaman sendiri yang diberi nama my yahoo.


Mobile
yahoo! Mobile mencakup sejumlah layanan seperti: on-the-go messaging, instant mesangging,mobloging, alters,ringtones, mobile games, photos,dan bahkan yahoo! Messenger for SMS( di indonesia layanan ini hanya bisa untuk pemakai kartu halo, simpati, mentari, dan pro XL).


Onesearch
Yahoo memperkenalkan sistem pencariannya sendiri yg disebut onesearch, yang utamannya diperuntukkan bagi telepon seleluler. Yahoo mengklain hasil pencariannya berbedadengan hasil pencarian mesin-mesin pencari lain, dimana dalam hasilnya juga ditampilkan tajuk berita,gambar, daftar perusahaan,nama kota beserta kode pos, prakiraan cuaca, dan tautan ke situs lain.


Commerce/Perdagangan
Termasuk dalam layanan ini adalah: yahoo! Shopping, yahoo autos, yahoo real estate dan yahoo travel yang memudahkan pengguna mendapatkan informasi dan membuat transaksi atau pembelian secara online.


Small Business/Usaha Kecil
Para pelaku usaha bisa menggunakan layanan-layanan seperti: yahoo domains, yahoo web hosting, yahoo merchant solutions, yahoo business email, dan yahoo store untuk mengembangkan usaha mereka. Selain itu ada juga layanan hot jobs yang memfasilitasi perusahaan dalam mencari tenaga kerja.


Advertising/Periklanan
Untuk para pengiklan tersedia layanan yahoo! Search marketing yang di dlamnya ada program-program seperti sponsored search, local advertising, dan product/travel/diectory submit. Di layanan ini, para pengiklanan ditawarkan memasang iklan produknya untuk dipersebarluaskan melalui jaringan yahoo. Pada 5 februari 2007, yahoo juga telah merintis sistem periklanan internet terbaru dengan nama panama.





SUMBER:
http://www.beritateknologi.com/mengetahui-sejarah-singkat-berdirinya-yahoo/
http://garuda007.blogspot.co.id/2013/10/sejarah-yahoo-lengkap.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar