makalah mata
kuliah ilmu budaya dasar (softskill)
“ilmu
budaya dasar sebagai salah satu mkdu (materi 1)”
Disusun
Oleh :
Nama : Dian
Kusumawati
NPM :
12114985
Kelas : 1KA38
Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Bapak
Sendy Eka Nanda
SISTEM
INFORMASI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
PTA
2014 / 2015
Kata
Pengantar
Segala
puji bagi Allah SWT. Berkat limpahan karunia-Nya kami selaku penyusun makalah
dapat menyelesaikan tugas Makalah Ilmu Budaya Dasar tentang Ilmu Budaya Dasar
Sebagai Salah Satu MKDU.
Makalah
ini dibuat untuk mengetahui lebih dalam mengenai Ilmu Budaya Dasar Sebagai
Salah Satu MKDU, serta dalam rangka pemenuhan nilai mata kuliah Ilmu Budaya
Dasar.
Kami
berharap semoga makalah ini dapat memberi wawasan kepada khalayak umum dan untuk
intropeksi bagi kami selaku penyusun. Semoga makalah ini dapat menjadi
sumbangan pemikiran kepada pembaca.
Akhir kata, kami
menyadari bahwa makalah ini masih memiliki kekurangan dan jauh dari sempurna, oleh karena itu
kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya
makalah ini. Karena kebenaran hanya datang dari Allah SWT.
Bekasi, 5 Maret
2015
Penyusun
Daftar
Isi
Kata
Pengantar............................................................................................
i
Daftar
Isi....................................................................................................
ii
Bab 1
Pendahuluan.....................................................................................
1
1.1.
Latar Belakang............................................................................
1
1.2.
Rumusan Masalah.......................................................................
1
1.3. Tujuan.........................................................................................
2
Bab
2 Pembahasan.......................................................................................
2
2.1.
Ilmu Budaya Dasar Sebagai Salah Satu MKDU.............................. 2
A.
Pengertian Ilmu Budaya Dasar...............................................
2
B.
Tujuan IBD...........................................................................
3
C.
Ruang Lingkup IBD..............................................................
3
Bab 3 Kesimpulan.........................................................................................
5
3.1.
Kesimpulan...................................................................................
5
Soal
& Jawaban...................................................................................
5
Daftar
Pustaka...............................................................................................
6
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Ilmu Budaya Dasar merupakan salah satu mata kuliah
dasar umum (MKDU) yang merupakan mata kuliah wajib disemua perguruan tinggi,
baik yang sifatnya eksakta maupun noneksakta. Secara khusus MKDU bertujuan
untuk menghasilkan warga negara sarjana yang berkualitas sebagai berikut:
1.
Berjiwa
Pancasila
2.
Takwa
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
3.
Memiliki
wawasan komprehensif
4.
Memiliki
wawasan budaya yang luas
5.
Memiliki
rasa tenggang terhadap sesama
1.2
Rumusan
Masalah
1. Apakah
pengertian IBD?
2. Apakah
tujuan dari IBD?
3. Bagaimanakah
ruang lingkup IBD?
1.3
Tujuan
1. Mengusahakan
kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan dengan mudah
menyesuaikan diri terhadap lingkungan yg baru,
2. Memperluas
pandangan mahasiswa tentang masalah kemanusiaan dan budaya agar mereka bisa
mencari jalan keluar dari permasalahan itu,
3. Membentuk
figur mahasiswa yg cocok sebagai calon pemimpin,
4. Membentuk
kebranian mahasiswa untuk berkomunikasi
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Ilmu
Budaya Dasar Sebagai Salah Satu MKDU
A.
Pengertian
Ilmu Budaya Dasar (IBD)
Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata
kuliah yang membicarakan tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang
berbagai macam masalah yang dihadapi manusia dalam hidupnya
sehari-sehari. Hal ini perlu, karena dirasakan kekurangan pada sistem
Pendidikan kita, baik pada tingkat menengah, maupun pada tingkat
perguruan tinggi. Diharapkan kegunaan mata kuliah ini, agar lulusan perguruan tinggi kita dari
semua jurusan dapat mempunyai suatu kesamaan bahan pembicaraan. Adanya
kesamaan ini diharapkan agar interalisi antara intelektuil kita
lebih sering dengan akibat positif bagi pembangunan negara kita pada
umumnya dan perbaikan pendidikan pada khususnya. Diharapkan mata kuliah ini
dapat menjadi semacam “Lingua franca” bagi para akademisi dari berbagai lapangan
ilmiah, dengan memiliki suatu bekal yang sama ini diharapkan agar para
akademisi dapat lebih lancar komunikasi ini selanjutnya kan memperlancar
pula pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang yang ditangani
selanjutnya akan ditangani oleh para cendekiawan dari berbagai lapangan
keahlian itu.
B. Tujuan IBD
Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak lain
merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji
masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian jelaslah bahwa mata
kuliah Ilmu Budaya Dasar tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam satu
bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities). Akan
tetapi Ilmu Budaya Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan
kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan
kritikannya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan
alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya
Dasar diharapkan dapat :
>
Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap
lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan
lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
>
Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas
pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan
daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal
tersebut.
>
Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin
bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh
kedalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat. Usaha ini
terjadi karena ruang lingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat
manusia spesialis yang berpandangan kurang luas, kedaerahan dan pengkotan
disiplin yang kuat.
>
Mengusahakan wahana komunikasi para akademis agar
mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang
sama, para akademis diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.
C.
Ruang
Lingkup IBD
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar Bertitik tolak dari
kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai
bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua
masalah pokok itu adalah :
>
Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan
ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan
pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin)
didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai
disiplin dalam pengetahuan budaya.
>
Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi
yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan
tempat.
Memilik kedua pokok masalah yang
bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati
posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian.
Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dirinya sendiri,
nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi
tema sentral dalam IBD.
Pokok-pokok bahasan yang
dikembangkan adalah:
>
Manusia dan cinta kasih
>
Manusia dan Keindahan
>
Manusia dan Penderitaan
>
Manusia dan Keadilan
>
Manusia dan Pandangan hidup
>
Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
>
Manusia dan kegelisahan
>
Manusia dan harapan
Materi ilmu sosial dasar terdiri
atas masalah-masalah sosial untuk dapat menelaah masalah-masalah, sosial
hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan
sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga dengan demikian
bahan pelajaran ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas 3 golongan yaitu :
o Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah
sosial tertentu.
o Konsep-konsep
sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan -kenyataan sosial dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk
mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
o Masalah-masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial antara yang satu dengan yang lainnya saling
berkaitan.
BAB
III
KESIMPULAN
3.1
Kesimpulan
Kesimpulan dari pembahasan tentang Ilmu Budaya
Dasar Sebagai Salah Satu MKDU, diharapkan
mahasiswa dapat :
1. Mahasiswa dapat mengetahui dan memilah-milah nilai dalam kebudayaan yang baik
maupun yang buruk.
2. Mahasiswa memahami dan memperluas
pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan
daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang akan
mereka hadapi di kemudian hari.
3. Mahasiswa dapat mengerti arti sosialisasi dalam ISD dan faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan untuk mendukung sosialisasi
tersebut.
SOAL
& JAWABAN
1. Apa
kepanjangan dari MKDU?
a. Mata
Kuliah Dasar Umum c.
Mata Kuliah Didasarkan Umum
b. Mata
perKuliahan Dasar Umum d.
Mata Kuliah Dalam Umum
Jawab : A
2. Pengertian
dari Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah?
a. Membicarakan
tentang nilai-nilai, tentang kebudayaan, tentang berbagai macam masalah
yang dihadapi manusia dalam hidupnya sehari-sehari
b. Membicarakan
permasalahan dan solusi
c. Berbicara
tentang bagaimana siswa bertindak sebagaimana mestinya
d. Ilmu yang mengajarkan
bagaimana cara disiplin terhadap budaya
Jawab : A
3. Ketika
seseorang mempunyai masalah kurang menghargai waktu. Akar masalah / penyebab
yang timbul diantaranya kecuali?
a. Kurangnya
disiplin c. Tidak
adanya sinkronisasi waktu
b. Kurang
menghargai orang d. Tepat
waktu
Jawab : D
4. Tujuan
dari Ilmu Budaya Dasar adalah kecuali?
a. Mengusahakan
penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya
b. Memberi
kesempatan pada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah
kemanusiaan dan budaya
c. Selalu
memberi toleransi kepada mahasiswa yang telat pada saat jam kuliah tiba
d. Mengusahakan
wahana komunikasi para akademis agar mereka lebih mampu berdialog satu sama
lain
Jawab : C
5. Pokok-pokok
bahasan yang dikembangkan oleh Ilmu Budaya Dasar (IBD) kecuali?
a. Manusia
dan Cinta Kasih c.
Manusia dan Penderitaan
b. Manusia
dan Soulmate d.
Manusia dan Keindahan
Jawab : B
DAFTAR
PUSTAKA
Ali, Likman
Finoza. 2005.ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI SALAH SATU MKDU. Jakarta: Gramedia.
http://rockydui.wordpress.com/2012/03/13/ibd-sebagai-salah-satu-mkdu/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar