Krusor Mouse

Blinking Cute Box Cat

Minggu, 28 September 2014

ARTIKEL MATA KULIAH ILMU SOSIAL DASAR (SOFTSKILL)

“pengaruh perkembangan gadget bagi anak”

 

Disusun Oleh :

Nama              :       Dian Kusumawati
NPM               :       12114985
Kelas              :       1KA38
Mata Kuliah  :       Ilmu Sosial Dasar
Dosen              :       Ibu Helnawaty





I. PENDAHULUAN
Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Kemajuan teknologi membuat perubahan yang begitu besar dalam kehidupan manusia di berbagai bidang dan memberikan dampak yang begitu besar pada nilai-nilai kebudyaan. Kemajuan teknologi juga seakan-akan tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan manusia. Dengan semakin berkembangnya teknologi manusia semakin mudah untuk mendapatkan berbagi informasi dari penjuru dunia.
Teknologi diciptakan untuk mempermudah urusan manusia. Berbagai macam jenis teknologi yang tidak terhitung jumlahnya dapat kita jumpai di zaman yang modern ini. Salah satu contoh teknologi yang sangat popular adalah gadget. Sebagian besar orang pasti mengetahui gadget. Namun tidak banyak manusia yang mengerti apa yang dimaksud dengan gadget itu sendiri.
Beberapa tahun yang lalu gadget hanya banyak di pakai oleh para pembisnis dari kalangan menangah ke atas. Alasan mereka menggunakan gadget adalah untuk memudahkan bisnis mereka. Namun pada zaman sekarang, gadget tidak hanya dipakai oleh para pembisnis saja, banyak para remaja bahkan anak-anak pun telah banyak menggunakan gadget. Alasan para remaja menggunakan gadget karena memiliki berbagi fungsi selain untuk berkomunikasi juga untuk berbagi, menghibur dengan audio, video, gambar, game, dan lain-lain. Anak-anak sekarang makin banyak menggunakan gadget hanya untuk memainkan game.
Untuk itu peran orang tua sangat penting dalam perkembangan teknologi yang sangat maju di zaman sekarang ini. Karena fasilitas yang disediakan oleh gadget tidak hanya menimbulkan dampak positif tetapi juga dapat menimbulkan dampak negatif juga. Penjelasan lebih lanjut mengenai dampak positif dan negatif akan kita bahas pada bagian selanjutnya.



II. PEMBAHASAN
A.   Pengertian Gadget
Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.


B.   Perkembangan Gadget
Di zaman yang sangat modern ini perkembangan teknologi terus berkembang. Karena perkembangan teknologi akan berjalan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin tinggi. Teknologi diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan memberikan nilai yang positif. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Tablet dan smartphone ialah gadget yang paling banyak digunakan saat ini karena ukurannya yang kecil, mudah di bawa kemana-mana sehingga orang menganggap nya lebih praktis. Dibawah ini terdapat beberapa contoh tablet dan smartphone :








   
Sekarang tidak hanya kalangan atas saja yang dapat memiliki tablet dan smartphone. Namun kalangan menengah juga sudah dapat memiliki sebuah tablet dan smartphone karena semakin bersaing nya di pasaran untuk membuat harga gadget semakin ekonomis. Karena itu banyak produk-produk baru yang menawarkan gadget dengan harga yang cukup murah. Karena itu lah sekarang orang dengan mudah untuk memilki sebuah gadget. Tak heran juga permainan yang dimainkan anak zaman sekarang berbeda dengan dulunya.


C. Dampak dari Pengaruh Gadget pada Perkembangan Anak
Dampak pengaruh Gadget pada perkembanan anak sangat banyak. Dampak yang diberikan dari segi pendidikan di Indonesia terbagi dua yaitu, dampak positif dan dampak negatif.
1.      Dampak Positif
Ø  Menambah Pengetahuan
Ø  Memperluas Jaringan Persahabatan
Ø  Mempermudah Komunikasi
2.      Dampak Negatif
Ø  Mengganggu Kesehatan
Ø  Dapat Mengganggu Perkembangan Anak
Ø  Dapat Mempengaruhi perilaku Anak
Ø  Rawan Terhadap Tindak Kejahatan


      D. Cara Pengawasan Orang Tua Pada Anaknya dari Pengaruh
      Gadget
Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, orang tua harus memiliki peranan penting untuk menjaga anaknya dari pengaruh gadget. Adapun cara-cara yang harus dilakukan oleh orang tua ialah sebagai berikut :
1.      Membatasi Pemakaian Gadget
Berikan waktu-waktu yang tertentu untuk anak-anak memainkan gadget. Jangan selalu berikan gadget kepada anak-anak karena dapat mempengaruhinya.
2.      Selalu Mengontrol Isi / data-data didalam Gadget
Orang tua perlu mengontrol data-data di dalam gadget anak. Minimal sekali dalam seminggu atau mengecheck nya diam-diam.
3.      Memberikan Hukuman Pada Anak
Berikan sanksi atau hukuman kepada anak apabila telah terbukti melakukan kesalahan. Misalnya dengan minyita gadget nya.



III. KESIMPULAN
Kesimpulan dari pembahasan di atas adalah dengan terlalu membebaskan anak dibawah umur menggunakan teknologi yang terlalu canggih seperti gadget maka itu dapat mengubah perilaku seorang anak, untuk itu peran orang tua sangat penting.
Orang tua harus tegas atau tidak boleh memanjakan anaknya yang umurnya dibawah 12 tahun untuk menggunakan gadget. Karena lebih banyak dampak negatif yang timbul apabila seorang anak di bawah umur telah diberikan gadget. Salah satu dampak negatif yang terjadi ialah dapat membuat anak menjadi malas, mengganggu kesehatannya dan juga dapat menyalah gunakan fungsi gadget.
Maka sebaiknya orang tua perlu memikirkan apa yang boleh diberikan oleh anak-anaknya yang masih berumur dibawah 12 tahun. Apabila ingin memberikan nya juga haruslah selalu tetap mengontrol penggunaan gadget nya jangan terlalu berikan kebebasan yang berlebihan. Dan juga melarangnya untuk membawa gadget ke sekolah, karena bisa menghambat proses pembelajarannya di sekolah.




SUMBER :

Ali, Likman Finoza. 2005.ILMU SOSIAL DASAR. Jakarta: Gramedia.
http://www.iqeq.web.id/anak/anak02.shtml


Tidak ada komentar:

Posting Komentar